Global Energy | Artikel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Artikel

Rekor, California Mengklaim Bisa Mengaliri 6 Juta Rumah Menggukan Listrik Tenaga Surya!

californa.jpeg

Sebuah rekor terbaru energi terbarukan baru saja dipecahkan. Sekitar enam juta rumah di California, Amerika Serikat, akan dialiri listrik tenaga surya. Memanfaatkan gelombang panas yang ada, menurut California Independent System Operator, panel-panel surya di negara bagian itu berhasil menangkap tenaga listrik sebesar 8.030 megawatt.

Menurut San Francisco Gate, energi sebesar itu lebih dari cukup untuk menerangi 6 juta rumah warganya. Catatan ini dua kali lipat lebih besar dari yang pernah diproduksi pada Mei. Waktu itu disebutkan bahwa cadangan listrik tenaga surya yang dikumpulkan separoh lebih banyak dari yang dibutuhkan.

“Saya memberi tahu pada Anda, kami memiliki sinar matahari yang amat besar,” ujar Steven Greenly dari California ISO kepada Good News Network. Perlu dicatat, rekor ini dihasilkan dari taman panel surya saja, belum dari panel-panel yang ditaruh di atas rumah-rumah penduduk.

(Baca : California Siap Tutup Pembangkit Nuklir Terakhir pada 2025)

Bagaimapaun juga, tenaga surya cenderung memuncak pada siang bolong dan akan menurut kala sore tiba. Tentu saja ini berdampak pada produksi listrik tenaga surya, terlebih, kebutuhan listrik sekitar pukul 18.00 sedang berada dalam puncaknya: lampu-lampu rumah dan taman mulai menyala, begitu juga televisi, dan lain sebagainya.

Tapi California akan tetap memegang tegus misinya soal energi terbarukan.

Negara bagian ini memiliki mandat yang mesti diwujudkan; pada 2020, sekitar 33 persen dari kebutuhan listriknya akan diambil dari energi terbarukan. Pada 2015, Gubernur Jerry Brown telah menandatangani RUU energi terbarukan yang menyebutkan, pada 2030 sekitar 50 persen kebutuhan listri negara bagian berasal dari energi terbarukan yang bersumber dari matahari, angin, dan air.

(Moh. Habib Asyhad / Huffingtonpost.com via Intisari-Online.com)